Manfaat Buah Belimbing Bagi Ibu Hamil

Belimbing adalah tumbuhan penghasil buah berbentuk khas yang berasal dari Indonesia, India, dan Sri Langka. Saat ini, belimbing telah tersebar ke penjuru Asia Tenggara, Republik Dominika, Brasil, Peru, Ghana, Guyana, Tonga, dan Polinesia. Usaha penanaman secara komersial dilakukan di Amerika Serikat, yaitu di Florida Selatan dan Hawaii. Di Indonesia, buah ini menjadi ikon kota Depok, Jawa Barat, sejak tahun 2007.
Pohon ini memiliki daun majemuk yang panjangnya dapat mencapai 50 cm, bunga berwarna merah muda yang umumnya muncul di ujung dahan. Pohon ini bercabang banyak dan dapat tumbuh hingga mencapai 5 m. Tidak seperi tanaman tropis lainnya, pohon belimbing tidak memerlukan banyak sinar matahari. Penyebaran pohon belimbing sangat luas, karena benihnya disebarkan oleh lebah.2.    Rumusan Masalah
a.      Apakah tanaman belimbing itu?.
b.      Dimanakah daerah yang cocok untuk menanam belimbing?.
c.      Apa khasiat dan manfaat belimbing bagi ibu hamil?.3Tujuan
a.       Untuk mengenal tanaman belimbing.
b.      Mengetahui daerah yang cocok untuk menanam belimbing.
c.       Dapat mengetahui khasiat serta manfaat buah belimbing bagi ibu hamil.Tanaman Belimbing
 
Buah belimbing berwarna kuning kehijauan. Saat baru tumbuh, buahnya berwarna hijau. Jika dipotong, buah ini mempunyai penampang yang berbentuk bintang. Berbiji kecil dan berwarna coklat. Buah ini renyah saat dimakan, rasanya manis dan sedikit asam. Buah ini mengandung banyak vitamin C.
Salah satu jenis dari belimbing, yang disebut belimbing wuluh, sering digunakan untuk bumbu masakan, terutama untuk memberi rasa asam pada masakan. Salah satu wilayah yang terkenal akan produksi belimbing adalah Demak, Jawa Tengah. Belimbing Demak terkenal berukuran besar, warnaya kuning cerah dan rasanya manis.
manfaat belimbing bagi ibu hamil
Buah belimbing merupakan buah yang memiliki bentuk yang cukup unik dengan rasa yang sedikit asam. Namun tidak sertamerta semua buah belimbing memiliki rasa asam karena, buah belimbing yang telah masak sempurna, rasanya cenderung manis dan enak. Belimbing sendiri menjadi salah satu jenis buah yang eksotik dan memiliki begitu banyak manfaat. Dengan rasa dan bentuknya yang cukup khas tersebut, tidak heran jika buah yang satu ini memiliki banyak penggemar.
Buah belimbing memiliki banyak kandungan gizi yang bagus untuk kesehatan mulai dari vitamin C, flavonoid, vitamin B kompleks, mineral, seng, fosfor, zatbesi, memiliki anti mikroba hingga zat pectin dan lain-lain. Segalazat yang terkandung dalam buah belimbing mampu membantu kita untuk tetap sehat dan terhindar dari banyaknya gangguan kesehatan akibat radikal bebas.
Buah belimbing ternyata bagus juga di jadikan sebagai buah favorit bagi ibu hamil, seperti berikut ini :
  • Membantu pembentukan tulang dan gigi janin
Buah belimbing memiliki kandungan manfaat kalsium bagi ibu hamil yang berperan dalam menguatkan tulang serta membantu pembentukan gigi. Mencukupi kebutuhan kalsium harian membantu anda terhindar gangguan kesehatan tulang dan gigi.
  • Memperlancar saluran pencernaan
Belimbing memiliki peran yang cukup penting dalam melancarkan pencernaan. Pada masa kehamilan, ada beberapa gangguan kehamilan yang biasanya cukup banyak dikeluhkan mulai dari sembelit juga diare. Beragam gangguan tersebut dapat dicegah dan diatasi dengan buah belimbing yang dikonsumsi tanpa melebihi dosis.
  • Mengandung kalium
Buah belimbing mengandung kalium yang memiliki peran cukup penting bagi gizi ibu hamil. Kalium ini akan mencegah datangnya penyakit stroke, penyakit jantung hingga menstabilkan tekanan darah di dalam tubuh.
blimbing
  • Mengadung zat besi
Kehebatan lain dari buah belimbing yaitu mengadung zat besi. Zat besi memiilki peran dalam membantu pembentukan darah merah. Kekurangan darah merah atau yang dikenal pula dengan anemia membuat tubuh mudah merasa lelah. Masalah kekurangan manfaat zat besi untuk ibu hamil juga menjadi hal yang perlu dihindari.
  • Kaya akan antioksidan
Belimbing termasuk dalam salah satu buah yang memiliki zat anti oksidan cukup tinggi. Buah yang satu ini dapat mencegah datangnya penyakit ringan hingga, penyakit yang berat sekalipun termasuk kedalamnya adalah kanker. Belimbing memiliki zat antioksidan yang dapat mengulur perkembangan sel kanker di dalam tubuh. Bagi ibu hamil, keperluan akan antioksidan berperan dalam menjaga perkembangan janin dan menjaga ibu supaya tetap sehat.
  • Mengandung vitamin A
Vitamin A dikenal dengan khasiatnya dalam menyehatkan mata. Vitamin yang satu ini ternyata bisa pula digunakan dalam menambah nafsu makan. Terutama bagi seorang ibuh amil, yang namanya kehilangan nafsu makan dampak dari kehamilan menjadi hal yang cukup sering dialami. Selainitu, vitamin A juga dapat meningkatkan metabolism serta nutrisi ibu hamil yang menjaga ketahanan system imun.
  • Rendah kalori
Buah belimbing menjadi menu yang sehat bagi ibu hamil yang tengah diet dalam mengurangi asupan kalori di dalam tubuh. Hal ini juga akan menghindari bahaya obesitas bagi ibu hamil.
  • Mengandung zat pektin

Buah belimbing memiliki kandungan baik berupa zat pektin yang dapat mencegah datangnya penyakit hepatitis. (Baca juga :bahaya hepatitis bagi ibu hamil)

Bukan hanya untuk ibu hamil, namun kebaikan belimbing juga direkomendasikan sebagai menu sehat anda. Buah belimbing memiliki banyak sekali kandungan baik yang mampumengatasi beragam gangguan kesehatan mulai dari jenis sakit yang ringan hingga sakit yang berats ekalipun. Adapun manfaat buah belimbing antara lain:
•    kaya akan antioksidan sehingga mampu memerangi radikal bebas
•    membantu melancarkan pencernaan
•    mencegah penyakit jantung
•    membantu mencegah kerontokan pada rambut
•    mampu membantu meringankan sakit tenggorokan
•    membantu mengobati penyakit kulit seperti bisul
•    membantu meredakan demam
•    membantu melancarkan asi
•    membantu melangsingkan tubuh
•    mencegah kram otot
•    membantu menyehat kantulang
•    membantu menyehatkan gigi
•    membantu meningkatkan daya tahan tubuh
•    memperlancar buang air besar
•    menyembuhkan penyakit hepatitis
•    mencegah infeksi pada mulut juga pada tenggorokan
•    belimbing bias digunakan sebagai obat kencing batu

Bahaya buah belimbing
Buah belimbing tidak hanya mengandung kebaikan bagi tubuh melainkan juga bias menimbulkan gangguan. Umumnya buah yang satu ini terjadi pada mereka yang tengah mengidap penyakit tertentu. Terutama bagi orang yang tengah bermasalah pada ginjalnya, maka buah belimbing menjadi buah yang tidak direkomendasikan. Buah belimbing mengandung asam osalat yang berbahaya bagi penderita.

Selain berbahaya bagi penderita penyakit ginjal, buah belimbing juga tidak dianjurkan bagi penderita diabetes. Kandungangula yang cukup tinggi membuat buah belimbing terlarang bagi penderita diabetes. Buah-buahan memang baik bagi kesehatan namun harus diperhatikan bagi anda yang tengah mengidap penyakit tertentu karena bias jadi ada kandungan dari buah yang berbahaya bagi tubuh.Buah belimbing yang manis selain bermanfaat bagi ibu hamil. Dalam literatur Tanaman Obat Indonesia (TOI) disebutkan, jika dicampur madu dapat mencegah dan mengatasi kencing batu. Selain rasa manis dan enak diminum, belimbing bermanfaat bagi kesehatan. Kandungan gizi cukup baik, dan dalam 100gr terdapat energi 35,00 kalori, 0,50 gr protein, 0,70 gr lemak, 7,70 gr karbohidrat, 8,00 mg kalsium, 22,00 mg fosfor, 0,90 gr serat, 0,80 gr besi, 18,00 RE vitamin A, 0,03 mg vitamin B1, 0,02 mg vitamin B2, 33,00 mg vitamin C dan 0,40 gr niacin.

Berdasarkan uraian diatas kita dapat mengetahui bahwa, buah belimbing sangat bermanfaat bagi kesehatan ibu hamil. Setelah mengetahui manfaat buah belimbing tersebut, agar kita sering mengkonsumsi buah belimbing.
Facebook Comments
%d bloggers like this: